Rapat koordinasi terkait Kemiskinan diAceh Besar

KOTA – JANTHO Upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Aceh Besar dibahas dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali dan turut didampingi Wakil Bupati Tgk. H. Husaini A. Wahab. Rapat Koordinasi tersebut berlangsung di kediaman Bupati Aceh Besar dikawasan Lambaro Ingin Jaya (Jum’at, tanggal 26 April 2019) diikuti oleh Instansi Kabupaten yaitu  Baitul Mal, Tim Program Aceh Besar Sejahtera (TP2-Abes), Dinsos, MPU dan Dinas Syariat Islam.

Dalam kegiatan tersebut Bupati memberikan arahan terhadap penyaluran Bansos harus terintegrasi dengan Data Kemiskinan Aceh Besar yang selama ini data tersebut ada di Pro Abes. Medio Tahun 2018 rekan-rekan  Pendamping Pro Abes telah melakukan Pendataan, Verifikasi dan Validasi data masyarakat miskin secara langsung dilapangan mencapai 8000 Kepala Keluarga, tetapi yang ditetapkan untuk menjadi penerima bantuan hanya 5000 Keluarga Penerima Manfaat.

Jadi data Pro Abes tersebut sangat akurat dan tepat sasaran karena menggunakan metode penilaian dan penetapan penerima manfaat langsung. Karena itu Data Penerima Manfaat Pro Abes akan menjadi acuan penyaluran dana bansos fakir miskin dikabupaten Aceh Besar.

Kedepan juga kita menganjurkan melalui sebuah kebijakan dan aturan, agar Pihak Badan Usaha baik itu swasta maupun negara dan juga para dermawan yang ada di Aceh Besar kita himpun Zakatnya, InsyaAllah masalah kemiskinan paling tidak sudah meringankan beban masyarakat miskin.

Terkait proses penyaluran bantuan berupa uang itu lebih bagus dilakukan secara non tunai melalui bank tertentu, sehingga tidak bermasalah dengan sogok menyogok dengan pengelola.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *