Sosialisasi MPM BDT Lhoong

Proabes.com, Lhoong – Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Aceh Besar melaksanakan kegiatan sosialisasi mekanisme pemutakhiran mandiri basis data terpadu (MPM-BDT) di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kecamatan Lhoong turut dihadiri oleh TKPK Kabupaten Aceh Besar dan Camat Lembah Seulawah.

Camat dalam arahannya menyambut baik kegiatan sosialisasi dan pelatihan MPM BDT bagi Keuchik dan Operator pendataan yang dilaksanakan oleh Tim dari Kabupaten di Kecamatan Lhoong, “saya berpesan kepada pak keuchik dan operator agar serius mengikuti pelatihan ini sampai tuntas, mengingat kegiatan ini sangat penting sebagai upaya dari penanggulangan kemiskinan di Gampong masing-masing” ungkapnya. Keterlibatan langsung pemerintah gampong dalam pendataan masyarakat miskin merupakan langkah awal untuk mendapatkan data yang tepat sasaran, agar dalam pelaksanaannya tidak tumpang tindih, tambahnya.

Hadir sebagai narasumber dari Tim Pendampingan Program Aceh Besar Sejahtera Nanang Hasani, SE.,MM. Dalam materinya Nanang Hasani menyampaikan bahwa mekanisme pemutakhiran mandiri merupakan kegiatan pendataan masyarakat miskin yang dilaksanakan secara mandiri oleh Kabupaten/ Kota dengan melibatkan semua unsur mulai tingkat Gampong, “ini adalah kesempatan bagi Pak Keuchik untuk terlibat secara aktif dalam menentukan masyarakat miskin yang ada di Gampongnya, mengingat data ini sangat penting sebagai upaya dari pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan agar tepat sasaran kepada yang berhak menerima” tambahya.

Setelah acara sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis pendataan kepada operator yang telah dipersiapkan gampong masing-masing 1 orang. Bimbingan teknis dimentori oleh pelatih yang telah disertifikasi oleh TNP2K. Pada pelatihan ini akan diberikan materi tentang teknis melakukan pendataan rumah tangga, selain itu pelatih juga memberikan simulasi cara melakukan pendataan kepada para peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *